Makalah Teknologi Pendidikan : Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan

Makalah
Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Turno, M.Pd.

Disusun oleh:
Feri Prassetio   2517049
Meisa Dela gita 2517006
Maya Masita     2517077


TADRIS BAHASA INGGRIS
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN 
2019

BAB I
A.    PENDAHULUAN
       Teknologi informasi berkembang sangat pesat diberbagai sektor ekonomi, kebudayaan dan lain lain. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terkena dapak dari perkembangan teknologi. Hal ini berkaitan dengan semakin tingginya kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya teknologi semuanya akan lebih efektif dan efisien jika memanfaatkan teknologi dalam kemajuan pendidikan tersebut. Terciptalah teknologi pendidikan yang memadukan antara  manusia, mesin, ide, prosedur, dan pengelolaannya, teknologi pendidikan dibuat manusia yang terus berubah sepanjang waktu yang membantu dalam bidang pendidikan dan pengajaran sehingga dari tidak tahu menjadi tahu untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Ruang lingkup dari teknologi pendidikan sendiri meliputi desain, pengembangan, Pemanfaatan, Pengembangan dan evaluasi.
B.    RUMUSAN MASALAH
1. Apa itu ruang lingkup teknologi pendidikan?
2.    Apa itu kawasan desain ?
3.    Apa itu kawasan pengembangan ?
4.    Apa itu kawasan pemanfaatan ?
5.    Apa itu kawasan Pengelolaan ?
6.    Apa itu kawasan evaluasi ?
7.    Apa hubungan antar kawasan ?
C.   TUJUAN
1.    Mengetahui ruang lingkup teknologi pendidikan.
2. Mengetahui tentang kawasan pengembangan.
3. Mengetahui tentang kawasan pemanfaatan.
4.       Mengetahui tentang tentang kawasan Pengelolaan.
5.      Mengetahui tentang kawasan evaluasi.
6.      Memahami hubungan antar kawasan.



BAB II
PEMBAHASAN
A. Ruang lingkup
Di bagian sebelumnya Anda telah belajar bahwa teknologi pendidikan berkaitan dengan membawa peningkatan dalam proses belajar-mengajar. Anda juga telah mempelajari teknologi pendidikan itu adalah studi terapan atau praktis yang bertujuan memaksimalkan efek pendidikan dengan mengendalikan berbagai faktor-faktor seperti tujuan pendidikan, konten, lingkungan belajar, bahan ajar, perilaku siswa dan guru dan keterkaitan antara siswa dan guru. 
Teknologi pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran manusia. Dengan memacahkan masalah pembelajaran , ruang lingkup dari teknologi pendidikan sangatlah luas namun dapat diperinci menjadi :
1. Kawasan desain 
   Kawasan desain adalah suatu proses untuk menentukan kondisi belajar dengan tujuan untuk menciptakan strategi dan produk. Jadi desain pembelajaran adalah sebagai inti dariteknologi pendidikan dan menciptakan produk pada tingka tmakro seperti program pembelajaran dan kurikulum, tingkat mikro seperti pelajaran dan modul. Cakupan kawasan desain adalah:
a. Desain sistem pembelajaran
1) Meliputi langkah-langkahdiantaranya:
2) penganalisaan (proses perumusan apa yang akan
dipelajari)
3) perancanagan (proses penjabaran bagaimana cara
mempelajarinya),
4) pengembangan (proses penulisan atau produksi bahanbahan pelajaran),
5) pelaksanaan atau aplikasi (pemanfaatan dan strategi),
6) Penilaian (proses penentuan ketepatan pembelajaran). 
b.   Desain pesan
    Desain pesan adalah:” perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan”(Grabowski, 1991), agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima dengan memperhatikan prinsip-prinsip perhatian, persepsi dan daya tangkap.. Karakteristik yanglain dari dessain pesan adalah harus bersifat spesifik, baik tentang media maupun tugas belajarnya. Desain pesan akan berbeda tergantung kepada jenis medianya, apakah bersifat statis atau dinamis. Pembentukan konsep, pengembangan sikap, pengembangan keterampilan, strategi belajar atau hafalan.
c.   Strategi pembelajaran
      Strategi Pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peserta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan belajar dalam suatu pelajaran. Teori tentang strategi pembelajaran meliputi situasi belajar,dan komponen belajar dan mengajar.
d. Karakteristik siswa.
   Segi-segi latar belakang pengalaman pembelajar yang mempengaruhi terhadap efektifitas proses belajarnya. Secara psikologis yang perlu diperhatikan darikarakteristik pembelajar ialah kemampuan yang bersifat potensialmaupun kecakapan nyata, dan kepribadiannya seperti: sikap,emosi, motivasi, dan aspek kepribadian lain. 
2. Kawasan Pengembangan
       Kawasan Pengembangan adalah proses pengubahan dari bentuk desain menjadi bentuk yang dapat digunakan. Di dalam kawasan pengembangan saling keterkaitan antara teknologi teori dengandesain pesan maupun strategi pembelajaran. Hal ini terjadi karena pesan yang didorong oleh isi, strategi pembelajaran yang didorong oleh teori, yang berbentuk fisik dari teknologi perangkat keras dan lunak dan bahan pembelajaran. Kawasan pengembangan meliputi:
a. Teknologi Cetak
   Cara untuk membuat atau menyampaikan bahan pelajaran, seperti buku, bahan visual yang statis terutama melalui pencetakan mekanis atau photografis.
b.   Teknologi Audiovisual
 Merupakan cara membuat dan menyampaikan bahan pelajaran dengan menggunakan peralatan dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual.
c.  Teknologi Berbasis Komputer 
    Teknologi berbasis komputer merupakan cara-cara membuat dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor. 
d.   Teknologi Terpadu
 Merupakan cara terpadu untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenismedia yang dikendalikan komputer. 
3. Kawasan Pemanfaatan
 Pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. fungsi pemanfaatan sangat penting karena mempelajari kaitan antara pembelajar dengan bahan atau sistim pembelajar. Bagian-bagian dari kawasan pemanfaatan adalah:
a. Pemanfaatan media
  Menggunakan yang sistematis dari sumber untuk belajar. Misalnya, bagaimana suatu film diperkenalkan atau ditindak lanjuti dan dipolakan sesuai dengan bentuk belajar yang diinginkan.
b. Divusi Inovasi
 Divusi inovasi adalah Proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah untuk terjadinya perubahan. 
c.   Implimentasi dan Institusionalisasi
     Implementasi adalah penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan tersimulasi). Sedangkan institusionalisasi penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi. Untuk menilai pemanfaatan harus ada implimentasi. Bidang implimentasi dan institusioanal didasarkan pada penelitian, tujuan implimentasi adalah menjamin penggunaan yang benar oleh individu dalam organisasi. Jadi implimentasi dan institusionalisasi tergantung pada perubahan individu maupun organisasi. 
d. Kebijakan dan Regulasi
    Aturan dan tindakan yang mempengaruhi difusi dan pemanfaatan teknologi pembelajaran. Kebijakan dan peraturan pemerintah mempengaruhi pemanfaatan teknologi. Kebijakan dan regulasi biasanya dihambat oleh permasalahan etika dan ekonomi.
4. Kawasan Pengelolaan
      Konsep pengelolaan merupakan bagian integral dalam bidang teknologi pembelajaran dan dari peran kebanyakan para teknologi pembelajaran. Ada empat kategori dalam kawasan pengelolaan:
a. Pengelolaan Proyek
   Pengelolaan proyek meliputi perencanaan, monitoring dan pengendalian  proyek desain dan pengembangan.
b. Pengelolaan Sumber
 Pengelolaan sumber mencakup perencanaan, pemantauan
dan pengendalian system pendukung dan pelayanan sumber.
Pengertian sumber dapat mencakup personil, keuangan, bahan baku, waktu, fasilitas dan sumber pembelajaran.
c. Pengelolaan Sistem Penyampaian
  Meliputi perencanaan, pemantauan, pengendalian, “cara pendistribusian bahan pembelajaran diorganisasikan. Hal tersebut
merupakan suatu gabunagan medium dan cara penggunaan yang dipakai dalam menyajikan  informasi pembelajaran kepada pelajar.
d.      Pengelolaan Informasi
       Meliputi perencanaan, pemantauan dan pengendalian cara menyimpan, pengiriman/pemindahan atau pembrosesan
informasi dalam  rangka tersedianya sumber untuk kegiatan belajar. Pengelolaan  informasi penting untuk memberikan akses dan keakraban revolusi kurikulum dan aplikasi desain pembelajaran. Pengelolaan sistem penyimpanan informasi untuk tujuan pembelajaran tetap akan merupakan komponen  penting dari bidang teknologi pembelajaran.
5. Kawasan Evaluasi (Penilaian)
   Evaluasi adalah proses  penentuan  berhasil  tidaknya suatu  pembelajaran.  Kawasan  penilaian  mencakup  empat  subkawasan yaitu:
a.   Analisis masalah,
b.   Pengukuran acuan patokan,
c.   Penilaian formatif, dan 
d.   Penilaian sumatif. 
B.   Hubungan Antar Kawasan
      Hubungan antar kawasan dapat bersifat tidak linier, oleh karena itu, bagaimana kawasan tersebut saling melengkapi dan memperlihatkan lingkup penelitian dan teori dalam setiap kawasan. Para peneliti bekerjasama walaupun mereka memfokuskan pada bidang masing tetapi mereka mengambil manfaat dari teori dan praktek dari kawasan lain. Jadi hubungan antar kawasan bersifat sinergetik. Mereka saling bekerjasam antara kawasan desain pembelajaran dengan desain pesan, atau analisis masalan dengan kawasan penilaian, jadi mereka saling melengkapi setiap kawasan memberikan kontribusi kepada penelitian maupun teori yang digunakan bersama oleh semua kawasan.

Gambar 1. Hubungan Antar Kawasan Teknologi Pendidikan.







BAB III

A.     Kesimpulan
     Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam menerapkannya, teknologi pendidikan ini memiliki beberapa ruang lingkup atau kawasan yang terbagi menjadi 5 bagian diantaranya, kawasan desain, kawasan pengembangan, kawasan pemanfaatan, kawasan pengelolaan, dan kawasan evaluasi (penilaian). Dan dalam hal ini antar kawasan tersebut saling terhubung, melengkapi dan memperlihatkan lingkup penelitian serta teori dalam setiap kawasan. Mereka saling bekerjasam antara kawasan desain pembelajaran dengan desain pesan, atau analisis masalan dengan kawasan penilaian, jadi mereka saling
melengkapi setiap kawasan memberikan kontribusi kepada penelitian maupun teori yang digunakan bersama oleh semua kawasan.
Daftar Pustaka
Dey, Niradhar.2017 .Journal Concept and Scope of Educational Technology. India:Indira Gandhi National Open University.
Hand Out TEP-PLB KAWASAN TEP DAN PENERAPANNYA DALAM BIDANG PLB (ISHARTIWI, PLB-FIP_ UNY)
Rajasekar, S. Journal Educational technology.Tamil Nadu: IJTER
Yuberti.2015.  Dinamika Teknologi Pendidikan. Lampung : LP2M IAIN Raden Intan Lampung

Comments