Makalah Teknologi Pendidikan : "Peranan Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Bahasa Inggris"
Makalah Teknologi Pendidikan
"Peranan Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Bahasa Inggris"
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Turno, M.Pd
Disusun oleh :
1. Esa Wandira (2517008)
2. Dewi Meilasari (2517053)
JURUSAN TADRIS BAHASA INGGRIS
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI PEKALONGAN
2019
Kata Pengantar
Penulis mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME atas limpahan
rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, dengan rahmat dan hidayah-Nya
pula penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar.Tujuan
penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas tambahan yang diberikan
kepada penulis oleh dosen matakuliah “Teknologi Pendidikan”.
Tak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak dosen
matakuliah Teknologi Pendidikan atas bimbingan dan arahan dalam
penulisan makalah ini.
Penulis berharap makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua ,
dalam menambah wawasan khususnya bagi penulis makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan, penulis selaku penyusun mengharapkan kritik dan saran
dari pembaca demi perbaikan makalah ini di masa yang akan datang.
Pekalongan, 25 Maret 2019
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Teknologi adalah perkembangan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan
manusia. Teknologi juga sebagai alat untuk pemanfaatan pengetahuan dan
ilmu pengetahuan. Teknologi pun memasuki berbagai bidang dalam kehidupan
manusia untuk meningkatkan efektifitas suatu produksi ataupun kegiatan
untuk penggunanya. Dunia pendidikan pun tidak luput dari integrasi
teknologi dalam rangka efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Teknologi
dalam bidang pendidikan juga harus dapat dikembangkan dengan baik demi
terwujudnya kehidupan bangsa yang cerdas yang tertuang dalam UUD 1945.
Bangsa yang cerdas berarti mengarah pada sumber daya manusia yang
berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas berakar pada kualitas
pendidikan yang juga berkualitas. Karena hakikatnya untuk mengembangkan
diri manusis membutuhkan pendidikan agar dapat menjadi manusia yang
berkualitas dan berguna bagi masyarakat bangsa dan negara.
Manusia dapat mengembangkan diri melalui pendidikan karena manusia
menyadari hakikat siapa sebenarnya dirinya. Salah satu pengenalan
manusia terhadap dirinya sendirian diri ádalah dengan aspek-aspek
berikut:
1. Kemampuan Menyadari Diri
2. Kemampuan Bereksistensi
3. Kata hati
4. Moral
5. Tanggung Jawab
6. Rasa Kebebasan
7. Kewajiban dan Hak
8. Kemampuan Menghayati Kebahagian
Aspek-aspek tersebut dalam rangka meningkatkan pengembangan dirinya
dan kualitas hidup manusia jalan utama adalah melalui pendidikan. Dalam,
mendidik atau bertugas sebagai pendidik sangat penting mengetahui
aspek-aspek hakekat manusia tersebut agar menjadi arah sesungguhnya atau
tujuan paling utama meningkatkan kualitas hidup manusia. Pendidikan
memiliki konsep dan pengertian yang luas dan batasan-batasan untuk
dikaji lebih dalam.Salah satu tugas penting para pendidik adalah
mengetahui, memahami dan dapat mengaplikasikan serta menerapkan kajian
ilmu tentang konsep pendidikan.
Teknologi merupakan salah satu pemecahan masalah dalam dunia
pendidikan, karena dapat menembus batas ruang dan waktu. Integrasinya
pun makin kuat pada masa globalisasi teknologi dapat menjadi sarana
penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yang sangat memiliki berbagai
pulau yang berjauhan dan terpisah-pisah serta ragam budaya. Pemecahan
masalah tersebut merupakan salah satu kepentingan dari teknologi
pendidikan.
Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, tapi dikarenakan
kekayaan Indonesia yang memiliki berbagai daerah hal tersebut membuat
masih adanya daerah-daerah yang belum tersentuh pendidikan. Sangat
diperlukan pembentukan sumber-sumber belajar agar masyarakat Indonesia
yang belum terjangkau pendidikan merasakan bagaimana pembelajaran.
Disinilah peran penting Teknologi Pendidikan.
B. Rumusan Masalah
1. Apa saja pemanfaatan produk teknologi informasi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris?
2. Apa saja aplikasi teknologi yang relevan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui berbagai pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris.
2. Untuk mengetahui aplikasi teknologi yang relevan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pemanfaatan Produk Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan Bahasa Inggris
Menurut definisi tahun 1977, teknologi pendidikan dipandang
sebagai teori, bidang garapan, dan profesi yang berusaha membantu proses
belajar melalui upaya pemecahan masalah belajar dengan jalan
memanfaatkan sumber belajar atau komponen sistem pembelajaran melalui
fungsi pengembangan dan pengelolaan, baik pengelolaan organisasi maupun
pengelolaan personal.
Misi utama teknologi pendidikan adalah membantu, memicu dan
memacu, proses belajar, serta memberikan kemudahan atau fasilitas
belajar. Tercapainya tujuan belajar berupa berubahnya pengetahuan,
keterampilan, dan sikap secara relatif tetap yang diakibatkan oleh
pengalaman, bukan karena kedewasaan yang merupakan criteria pokok
keberhasilan pembelajaran.
Hal ini sejalan dengan pengertian; “Learning is a change inhuman
disposition or capability which persists over a period of time, and
which is not ascribable toprocesses of growth”. Pemberian fasilitas
belajar tersebut dilaksanakan dengan jalan mendesain, mengembangkan,
memanfaatkan, mengelola, dan mengevaluasi proses dan sumber belajar.
Proses yang dimaksud dalam teknologi pendidikan adalah proses desain dan
proses penyampaian pembelajaran. Suatu proses mencakup tata urutan yang
terdiri dari masukan, tindakan, dan keluaran. Contoh proses misalnya,
sistem penyampaian, seperti konferensi jarak jauh, berbagai cara
penyampaian pengajaran seperti sistem belajar mandiri, sistem kontrak,
dan sebagainya. Kemudian model pembelajaran, seperti model induktif dan
deduktif, dan sebagainya. Model pengembangan pembelajaran seperti model
pengembangan desain sistem pembelajaran merupakan contoh dari proses.
Sumber yang dimaksud dalam komponen definisi ini adalah sumber
belajar. Sumber belajar ini dikategorikan menjadi pesan, orang, bahan,
alat, teknik, dan lingkungan, atau sumber belajar yang direncanakan dan
sumber belajar yang dimanfaatkan, “Some of these resources become
learningresources by design and others become learning resources by
utilization.” Agar proses dan sumber belajar bermanfaat secara optimal,
perlu didesain, dikembangkan, dimanfaatkan, dikelola, dan dievaluasi.
Secara umum, manfaat, peran dan fungsi Teknologi Pendidikan adalan
sebagai barikut :
1. Teknologi Pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung konstruksi pengetahuan:
a. Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan.
b. Untuk organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.
2. Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar :
a. Untuk mengakses informasi yang diperlukan.
b. Untuk perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
3. Teknologi pendidikan sebagai media sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara.
a. Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
b. Untuk mendiskusikan, berpendapat dan membangun konsensus antara anggota sosial.
4. Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar.
Untuk membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang mereka ketahui.
1. Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
2. Teknologi pendidikan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
3. Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
Di sisi lain, teknologi pendidikan juga memberikan peran besar
dalam peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris. Sebab,
pembelajaran Bahasa Inggris di era sekarang semakin dimudahkan dengan
hadirnya inovasi teknologi. Para siswa tidak lagi bertumpu di
kelas-kelas namun bisa di mana saja dan kapan saja. Termasuk melalui
perangkat smartphone dan komputer jinjing. Hal inilah yang perlu
ditekankan oleh para pengajar Bahasa Inggris yang mengajar disetiap
jenjang pendidikan. Peran guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber
ilmu namun lebih mengarahkan para siswanya untuk belajar secara
interaktif di berbagai media yang familiar bagi mereka.
Dalam proses belajar mengajar, peran teknologi bertugas sebagai media
atau alat bukan hanya sekedar mengkomunikasikan hubungan antara sumber
(pengajar) dan yang penerima (anak didik), namun lebih dari itu
merupakan bagian yang integral dan saling mempunyai keterkaitan antara
komponen yang satu dengan yang lainnya, saling berinteraksi dan saling
mempengaruhi.
Para ahli teknologi pendidikan berpendapat bahwa peranan utama
teknologi pendidikan adalah untuk membantu meningkatkan efisiensi yang
menyeluruh dalam proses belajar mengajar. Penerapan teknologi
pendidikan dalam pendidikan hendaknya membuat proses pendidikan pada
umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya lebih efisien, lebih
efektive dan memberikan nilai tambah yang positif. Efektif dan efesien
berarti upaya pendidikan yang dilakukan hendaknya dapat mencapai tujuan
yang telah digariskan dengan sedikit mungkin mengeluarkan biaya, tenaga,
dan waktu, (Asmani, Makmur: 2011).
B. Aplikasi teknologi yang relevan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris.
Teknologi Pendidikan Berbasis ICT dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
diyakini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris.Inovasi
yang ada dalam teknologi pendidikan dapat dimaknai sebagai suatu upaya
baru dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan berbagai metode,
pendekatan, sarana dan suasana yang mendukung untuk tercapainya tujuan
pembelajaran. Jadi, teknologi pendidikan bahasa Inggris berbasis ICT
dapat diwujudkan dengan perangkat pembelajaran berbasis ICT.
Secara sederhana, teknologi pendidikan dalam pembelajaran bahasa
Inggris berbasis ICT dapat dilihat dari hasil perangkat pembelajarannya.
Keseluruhan perangkat ini dikemas dalam format pembelajaran berbasis
ICT dengan tidak mengesampingkan kompetensi komunikatif siswa dalam
mempelajari bahasa asing. Titik tekan pembelajaran masih menonjolkan
hakikat pembelajaran bahasa sebagai sarana komunikatif siswa dalam
mengenal dunai sekitarnya.
Dampak dari inovasi pembelajaran bahasa Inggris adalah lahirnya para
guru inovatif. Berikut disajikan gambar alur konsep inovasi pembelajaran
pembelajaran bahasa Inggris berbasis ICT. Sebagai media dalam proses
pendidikan, ICT menawarkan beberapa aplikasi yang dapat dilakukan
teknologi pendidikan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi
tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
1. E-learning
E-learning atau pembelajaran melalui online adalah pembelajaran yang
pelaksanaanya didukung oleh jasa teknologi seperti telepon, audio,
videotape, transmisi satelit atau komputer. Seperti Kursus atau
pendidikan dengan media pembelajaran jarak jauh (distance learning) dan
cyber classroom. Ada tiga sistem pembelajaran berbasis Internet dalam
E-learning, di antaranya :
a. Web Course Merupakan
penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran dimana bahan ajar,
diskusi, konsultasi, penugasan, latihan dan ujian melalui internet atau
tidak ada tatap muka dalam proses pembelajaran Seperti proses pendidikan
jarak jauh (distance Education); virtual university.
b. Web Centric Course Berbeda
dengan Web Course, Web Centric Course lebih menekankan pembelajaran
dimana bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, dan latihan melalui
internet. Ujian, dan sebagian konsultasi, diskusi & latihan secara
tatap muka persentase tatap muka yang dilakukan dalam proses
pembelajaran lebih kecil. Seperti university off campus.
c. Web Enhanced Course Merupakan
penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran dimana internet hanya
untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara tatap muka atau persentase
tatap muka yang dilakukan dalam proses pembelajaran lebih besar.
2. Library
Merupakan perpustakaan online yang berisikan 800 milyar informasi tentang ilmu pengetahuan dll.
3. Virtual University
Merupakan aplikasi dari proses pendidikan jarak jauh, dimana virtual
university merupakan salah satu kemudahan yang diberikan layanan
internet bagi pembelajar yang mengalami kesulitan dalam hal waktu tatap
muka langsung, dan tentunya dalam prosesnya tidak mengurangi kualitas
dari pendidikan tersebut.
4. Edukasi Net
Merupakan situs pembelajaran berbasis internet; artikel,
rancangan pengajaran, bahan ajar, proyek pendidikan, kurikulum, tutor,
pusat sebaran dan penerbitan, forum diskusi, Interactive school
magazine, video teleconference (kelompok diskusi berpusat di Global
School Network.
Pada dasarnya situs EdukasiNet dapat dimanfaatkan oleh siapa saja
dan dengan cara yang sangat bervariasi dan fleksibel, tergantung kepada
situasi dan kondisi sekolah dan guru yang bersangkutan. Namun demikian,
untuk membantu para guru dalam pemanfaatan situs ini, beberapa bentuk
pola pemanfaatan berikut dapat dilakukan.
a. Pola pemanfaatan di Lab Komputer
Bagi sekolah yang telah memiliki fasilitas laboratorium komputer
yang tersambung ke internet, dapat memanfaatkan situs ini di lab. Situs
ini dapat diakses secara bersama-sama dalam bentuk klasikal ataupun
individual di lab dengan bimbingan guru.
b. Pola pemanfaatan di Kelas
Apabila sekolah belum memiliki lab komputer, namun mempunyai sebuah
LCD proyektor dan sebuah komputer yang tersambung ke internet, maka
pemanfaatan situs ini dapat dilakukan dengan cara presentasi di depan
kelas. Bahan belajar yang ada pada edukasi.net akan menjadi bahan
pengayaan proses pembelajaran tatap muka di kelas, sesuai dengan topik
yang dibahas pada saat itu.
c. Pola penugasan
Untuk sekolah yang belum memiliki sambungan internet, dapat
memanfaatkan situs ini dengan pola penugasan. Siswa dapat mengakses
internet pada tempattempat yang menyediakan jasa layanan internet,
misalnya warnet, di rumah, ataupun tempat lainnya.
d. Pola pemanfaatan individual
Di luar itu semua siswa di beri kebebasan untuk memanfaatkan dan
mengeksplor seluruh materi yang ada pada EdukasiNet, baik yang berupa
bahan belajar, pengetahuan populer dan fasilitas komunikasi secara
individual. Pemanfaatannya bisa dilakukan di rumah, bagi siswa yang
memiliki komputer yang tersambung ke internet atau dilakukan di Warnet.
5. Jardiknas Jardiknas merupakan
Wide Area Network (WAN) Pendidikan skala Nasional Jardiknas
terdiri dari 4 zona jaringan, meliputi:
a) Jardiknas Kantor Dinas/Insitusi (DiknasNet)
b) Jardiknas Perguruan Tinggi (Inherent)
c) Jardiknas Sekolah (SchoolNet)
d) Jardiknas Guru dan Siswa (TeacherNet and StudentNet).
Manfaat Jardiknas secara umum antara lain:
a) Peningkatan kecepatan layanan informasi yang integral, interaktif, lengkap, akurat dan mudah didapat.
b) Memberikan pelayanan data dan informasi pendidikan secara terpadu.
c) Menciptakan budaya transparan dan akuntabel.
d) Merupakan media promosi pendidikan yang handal.
e) Meningkatkan komunikasi dan interaksi baik secara lokal maupun internasional.
f) Mengakses berbagai bahan ajar dari seluruh dunia.
g) Meningkatkan efisiensi dari berbagai kegiatan pendidikan.
Walaupun banyak manfaat fungsi dan peranan, Teknologi Pendidikan tetap memiliki kekurangan, di antaranya :
1. Pihak guru yang tidak bisa mengoperasikan/menguasai elektronika akan tertinggalkan oleh siswa.
2. Teknologi pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih kurang.
3. Teknologi pendidikan baik itu hardware maupun software membutuhkan biaya yang mahal.
4. Keterbatasan sarana prasarana sekolah akan menghambat inovasi pendidikan.
5. Penggunaan teknologi
pendidikan dalam bentuk Hardware memerlukan kontrol yang tinggi dari
guru atau orang tua terutama internet dan sofatware.
6. Siswa yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi cenderung gagal.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Secara umum, manfaat, peran dan fungsi Teknologi Pendidikan adalah sebagai berikut :
1. Teknologi Pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung konstruksi pengetahuan:
a. Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan.
b. Untuk organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.
2. Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar :
a. Untuk mengakses informasi yang diperlukan.
b. Untuk perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
c. Teknologi pendidikan sebagai media sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara.
d. Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
e. Untuk mendiskusikan, berpendapat dan membangun konsensus antara anggota sosial.
3. Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar :
a. Untuk membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang mereka ketahui.
4. Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
5. Teknologi pendidikan dapat
meningkatkan fektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Sebagai
media dalam proses pendidikan, ICT menawarkan beberapa aplikasi yang
dapat dilakukan teknologi pendidikan dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Aplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
1. E-learning
E-learning atau pembelajaran melalui online adalah pembelajaran yang
pelaksanaanya didukung oleh jasa teknologi seperti telepon, audio,
videotape, transmisi satelit atau komputer.Seperti Kursus atau
pendidikan dengan media pembelajaran jarak jauh (distance learning) dan
cyber classroom.
2. Library
Merupakan perpustakaan online yang berisikan 800 milyar informasi tentang ilmu pengetahuan dll.
3. Virtual University
Merupakan aplikasi dari proses pendidikan jarak jauh, dimana virtual
university merupakan salah satu kemudahan yang diberikan layanan
internet bagi pembelajar yang mengalami kesulitan dalam hal waktu tatap
muka langsung, dan tentunya dalam prosesnya tidak mengurangi kualitas
dari pendidikan tersebut.
4. Edukasi Net
Merupakan situs pembelajaran berbasis internet; artikel, rancangan
pengajaran, bahan ajar, proyek pendidikan, kurikulum, tutor, pusat
sebaran dan penerbitan, forum diskusi, Interactive school magazine,
video teleconference (kelompok diskusi berpusat di Global School
Network.
Pada dasarnya situs EdukasiNet dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dan
dengan cara yang sangat bervariasi dan fleksibel, tergantung kepada
situasi dan kondisi sekolah dan guru yang bersangkutan.
DAFTAR PUSTAKA
Aisyiyah. 2019. Pembelajaran Bahasa Inggris Perlu Selaras dengan Inovasi
Teknologi
(https://www.uii.ac.id/pembelajaran-bahasa-inggris-perlu-selaras-dengan-inovasi-teknologi).
Faridi, Abdurrachman. 2017. Inovasi Pembelajaran Berbasis ICT dalam
Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 38
No 1 , FBS Unnes.
Kalimah. 2019. Peran Teknologi dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini”
(http://guraru.org/guru-berbagi/peran-teknologi-dalam-proses-belajar-mengajar-masa-kini-10/).
Meri Andri, Rogantina. 2017. Peran dan Fungsi Teknologi dalam
Peningkatan Kualitas pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains. Vol. 3
No. 1.
Nasution, S. 2010. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Priyanto, Dwi. 2006. Peranan Teknologi Pembelajaran dalam Memecahkan
Masalah Strategi Pembelajran. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.
Vol. 11 No. 1.
Comments
Post a Comment